3 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Komputer

Memang kadang ada waktu ketika kita sedang menyeleksi data-data atau file-file yang telah memenuhi ruang penyimpanan komputer dengan cara menghapusnya, ternyata ada saja file-file penting yang ikut terbuang ke recycle bin. Mungkin Anda segera atau terlambat menyadari hilangnya file penting tersebut meski Anda telah mencarinya kemana-mana. 

Namun, Anda tidak perlu khawatir kehilangan file tersebut. Jangan dulu merelakan file penting Anda tiada. File tersebut tentunya masih bisa Anda dapatkan kembali. Nah, berikut cara mengembalikan file yang terhapus di komputer untuk menyelamatkan file penting Anda.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Komputer

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan file penting Anda yang terhapus. Cara- cara di bawah ini dapat Anda terapkan untuk file yang terhapus secara permanen atau tidak. Simak cara mengembalikan file yang terhapus di komputer berikut.

Mencari di folder recycle bin, adalah salah satu cara yang dapat Anda lakukan dengan mudah dan dapat diterapkan pada file yang tidak sengaja terhapus. File-file yang telah Anda seleksi sebelumnya untuk dihapus, ketika file-file itu telah terhapus, komputer masih menyimpannya di recycle bin, sebelum file-file itu kemudian Anda hapus secara permanen.

Untuk mencari file penting yang tidak sengaja terhapus itu, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka folder recycle bin yang biasanya berada di halaman utama atau desktop Anda. Klik pada ikon bergambar tempat sampah dan bernama recycle binkemudian klik Open.

Setelah Anda membuka folder recycle bin, maka Anda akan mendapati file-file yang telah Anda hapus sebelumnya. 

Silakan cari file yang ingin Anda kembalikan ke folder semulanya. Anda bisa mencari otomatis di kolom pencarian untuk memudahkan Anda. Caranya dengan memasukkan nama file tersebut di kolom pencarian, kemudian file-file dengan nama yang mirip akan muncul satu per satu.

Setelah Anda menemukan file yang ingin Anda kembalikan, Anda perlu mengklik kanan pada file tersebut, kemudian muncullah beberapa opsi. Silakan pilih opsi Restore yang berfungsi untuk meletakkan kembali secara otomatis file tersebut ke folder semula sebelum ia dihapus. 

Setelah Anda memilih opsi Restore tersebut, maka Anda dapat memeriksa folder yang mana menjadi folder dari file yang dihapus itu sebelumnya. Jika Anda telah menemukan file tersebut di folder asalnya, maka Anda telah berhasil mengembalikan file yang terhapus tersebut.

Cara yang kedua, Anda bisa mengembalikan file yang telah terhapus dengan memanfaatkan fitur Restore Previous Version. Cara ini dapat dengan sangat mudah Anda lakukan. Anda tidak perlu mengunduh dan menginstall sebuah perangkat lunak untuk menerapkan cara ini.

Dan cara ini juga bisa Anda lakukan apabila Anda telah melakukan cara yang pertama, namun gagal atau tidak mendapati file yang Anda cari di recycle bin. Langkah pertama untuk melakukan cara ini adalah silakan Anda buka folder di mana file yang terhapus tadi tersimpan sebelumnya. Atau Anda bisa langsung mengeklik kanan folder tersebut tanpa harus membukanya terlebih dahulu.

Setelah Anda mengklik kanan folder tersebut, akan muncul beberapa opsi. Nah, Anda bisa memilih opsi “restore previous version”. Sesuai namanya, fungsi ini membuat folder Anda terkondisikan menjadi versi sebelumnya. Yang mana, file Anda yang terhapus tersebut pada versi sebelumnya, file yang telah terhapus masih ada dalam folder tersebut. Dengan begini, file Anda yang sebelumnya telah terhapus, akan muncul kembali di dalam folder tersebut.

Mengembalikan File yang Terhapus di Komputer dengan Recuva

Cara yang ketiga, adalah dengan menggunakan sebuah software atau perangkat lunak untuk membantu Anda mengembalikan file penting yang telah terhapus. Apabila file Anda yang terhapus merupakan file yang benar-benar penting dan harus Anda miliki kembali atau file tersebut telah dihapus secara permanen, maka Anda dapat mengunduh dan selanjutnya menginstall perangkat lunak Recuva untuk membantu Anda mengembalikan file yang telah terhapus.

Recuva adalah sebuah perangkat lunak yang dapat memulihkan file gambar, video, musik, hingga dokumen yang telah terhapus. Dengan Recuva, Anda dapat mengembalikan file yang telah terhapus bahkan yang telah menghilang dari recycle bin. Recuva mampu memulihkan file-file penting Anda yang telah terhapus, hanya dalam beberapa menit saja. Penggunaannya pun juga sangat mudah.

Hal pertama yang harus Anda lakukan terlebih dahulu adalah mengunduh perangkat lunak Recuva, dan pilihlah versi perangkat lunak yang sesuai dengan komputer Anda. Setelah itu, silakan Anda install perangkat lunak Recuva yang telah Anda unduh. Setelah mendapatkan perangkat lunak Recuva, Anda bisa memulai mengembalikan file penting Ada yang terhapus dengan cara ini.

Pertama, buka perangkat lunak Recuva di komputer Anda, kemudian pilih jenis file yang akan Anda pulihkan. Jenis yang tersedia adalah gambar, video, dokumen, musik, maupun jenis lainnya. Setelah memilih jenis file yang ingin Anda pulihkan, maka pilih “Next”. 

Setelah itu, tentukan folder mana yang merupakan folder tempat file tersebut terhapus untuk mempercepat proses pencarian file yang hilang. Setelah memilih folder, apabila Anda telah yakin bahwa folder tersebut benar tempat file yang terhapus, maka Anda bisa meng-klik “Next”. 

Namun apabila Anda lupa atau tidak yakin kalau folder yang Anda pilih merupakan folder tempat file yang terhapus, maka Anda bisa mengeklik “I’m not Sure” untuk selanjutnya Recuva akan menyortir seluruh file di seluruh lokasi penyimpanan komputer, dan hal ini membutuhkan waktu yang cukup banyak.

Ketika akan memulai proses pencarian file, silakan Anda centang kotak pada opsi “Enable deep scan”, kemudian Anda klik “Start”, maka perangkat lunak Recuva akan melakukan pencarian dengan lebih teliti, dan proses ini membutuhkan waktu yang lebih lama.

Silakan perangkat lunak ini berproses selama beberapa saat. Pencarian file yang sedang dilakukan akan dibagi menjadi 3 bagian, yang terdiri dari mencari file yang terhapus, menganalisa kerusakan file, dan menganalisis file.

Kemudian, pilih file yang ingin dikembalikan dengan cara mencentang kotak pada file-file yang ingin Anda kembalikan. Kemudian klik kanan pada file-file tersebut, dan pilih “Recover HIghlighted”. Yang terakhir, klik opsi “Recover”.

Nah, itulah 3 cara mengembalikan file yang terhapus di komputer. Dengan cara yang sangat mudah ini, tentu file-file penting yang tidak sengaja Anda hapus tersebut dapat Anda pulihkan kembali.

File-file yang Anda hapus akan masih tertampung di recycle bin. Maka dari itu, perlu Anda cari terlebih dahulu file yang terhapus tersebut di recycle bin. Kalau Anda tidak dapat menemukannya, barulah Anda bisa memanfaatkan cara “Restore previous version” yang bertujuan untuk mengembalikan folder ke versi sebelumnya. Karena file yang terhapus ada dalam versi lama folder tersebut, maka dengan cara ini Anda dapat mendapatkan kembali file-file penting milik Anda.

Namun apabila cara tersebut masih belum bisa mengembalikan file Anda yang terhapus, maka Anda bisa menggunakan perangkat lunak REcuva, dengan tutorial pengunduhan dan penginstalan, serta penggunaanya pada penjelasan di atas. 

Leave a Reply